Liontin Berlian Asli
Liontin Berlian Asli

Liontin Berlian Asli  - Dari sekian banyak permata yang ada di dunia perhiasan, berlian tetap menjadi permata dan salah satu yang terbaik. Berlian adalah mineral yang telah ditemukan di alam selama miliaran tahun. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas dan keindahan liontin berlian asli.

Namun sayangnya, banyak orang yang memanfaatkan popularitas berlian dengan membuat liontin dari berlian buatan. Seringkali, moissanite digunakan sebagai batu yang terlihat seperti berlian. Moissanite tidak langka seperti berlian sehingga lebih murah. Anda perlu mengetahui perbedaan di antara mereka untuk memilih liontin berlian asli.

Perbedaan Liontin Berlian Asli dan Moissanite

Apa Itu Berlian?

Seperti disebutkan sebelumnya, berlian membutuhkan waktu miliaran tahun untuk terbentuk di mantel bumi. Bahannya sendiri adalah karbon murni, terletak 150-200 km dari permukaan bumi.

Tidak hanya itu, lingkungan pembentuk berlian juga sangat tinggi - dari 900 hingga 1.300 derajat Celcius. Tekanannya antara 45 dan 60 kilobar, 50.000 lebih tinggi dari tekanan di permukaan bumi.

Apa Itu Berlian Moissanite? 

Sebaliknya, moissanite terbuat dari mineral yang disebut silikon karbida. Henri Moissan pertama kali menemukan moissanite pada tahun 1893. Namun, karena moissanite asli sangat langka, proses pembuatannya dilakukan di laboratorium. 

Daya Tahan Berlian Vs Moissanite

Perbedaan lainnya adalah daya tahan kedua batu ini. Berlian adalah batu terkeras di dunia dengan nilai kekuatan ideal 10 skala Mohs. Sedangkan moissanite memiliki kekuatan di bawah angka tersebut, biasanya antara 9,25 dan 9,5 pada skala Mohs. Anda harus berhati-hati jika ada yang menjual liontin berlian murah dengan harga yang jauh dari pasaran. 

Pantulan Cahaya

Keindahan berlian berasal dari kecemerlangannya. Tidak heran, faktor ini juga yang membedakan berlian alami dengan moissanite. Moissanite adalah pola pikir ganda. Selanjutnya, cahaya yang dipantulkan sering berwarna. Anda dapat menentukan warna pantulan dengan memutar liontin. Selanjutnya, proses pemotongan moissanite juga berbeda dengan berlian. Berbagai proses pemotongan dirancang untuk mempercantik kilau.

Sebaliknya, pantulan cahaya dari berlian tidak berwarna, melainkan putih atau abu-abu. Berlian asli memancarkan warna-warni. Tetapi hanya para ahli yang melihat cahaya terang. Lakukan pemeriksaan profesional bahwa berlian Anda memantulkan cahaya warna-warni. Mereka akan menggunakan alat khusus untuk memverifikasi keaslian berlian di liontin Anda. 

Harga Liontin Berlian Asli Vs Moissanite

Harganya sudah menunjukkan mana berlian asli dan mana berlian. Kualitas dan keindahan yang jauh lebih rendah dari berlian membuat harga moissanite sangat terjangkau. Secara umum, biaya moissanite hanya 10% dari harga berlian asli dengan ukuran dan kualitas yang sama. Jadi jangan langsung percaya jika seseorang menawarkan liontin berlian untuk dijual dengan harga yang sangat rendah di bawah pasar. Sertifikat

Cara termudah untuk menghindari liontin palsu adalah dengan membeli perhiasan bersertifikat. Perhiasan bersertifikat menjamin keaslian. Namun, sertifikat harus dikeluarkan oleh organisasi yang memiliki reputasi baik seperti GIA, AGS, IGI, EGL, dll.

Ini adalah informasi tentang perbedaan antara berlian dan moissanite. Apakah Anda ingin menerima liontin berlian asli? Pastikan Anda membeli liontin dari toko perhiasan terkemuka.